Waktu Terbaik untuk Olahraga

Lusia Kus Anna | Senin, 23 Agustus 2010 | 14:01 WIB
SHUTTERSTOCK

Kompas.com – Sebagai orang yang aktif, tentu kita harus memiliki kesadaran untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat. Salah satunya adalah dengan membuat jadwal rutin untuk berolahraga. Namun, kapankah waktu yang paling tepat untuk melakukan kegiatan gerak badan ini?

Pada dasarnya tidak ada standar waktu olahraga yang terbaik karena hal itu sifatnya sangat individual, tergantung pada tingkat kesibukan masing-masing. “Bila Anda bukan tipe ‘morning person’, maka pagi hari bukanlah waktu yang tepat untuk olahraga. Sebaliknya, bila makin siang kesibukan Anda terus bertambah, mungkin yang paling tepat untuk olahraga adalah pagi,” kata Chris Freytag, penulis buku Shortcut to Big Weight Loss and Move to Lose. Singkat kata, yang paling penting adalah konsistensi. Untuk itu, cermati rutinitas harian dan mingguan Anda untuk menentukan kapan waktu yang paling ideal untuk berolahraga. Bila Anda adalah ibu yang bekerja, mungkin olahraga di pagi hari paling tepat karena sore dan malam hari biasanya aktivitas mengurus anak dan keluarga akan menjadi prioritas para ibu bekerja.

Para ahli sendiri telah melakukan berbagai penelitian untuk menentukan waktu yang paling ideal untuk berolahraga. Sebagian berpendepat waktu yang paling pas adalah sore hari ketika temperatur tubuh sedang tinggi, otot-otot lebih mengembang dan flesibilitas tubuh tinggi.

Namun penelitian yang dilakukan para ahli dari Mollen Clinic, Phoenix, Amerika, menemukan setelah satu tahun, 75 persen orang-orang yang memilih berolahraga di pagi hari cenderung terus konsisten pada rutinitasnya, dibanding dengan 25 persen orang yang memilih aktivitas fisik di sore hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BERIKAN YANG TERBAIK BUAT TUHAN, KELUARGA, BANGSA DAN TERLEBIH LAGI BUAT DIRIMU SENDIRI…BE YOUR SELF!

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 688 other followers

%d bloggers like this: