Malas Olahraga Juga Penyakit

 

Asep Candra | Kamis, 12 Agustus 2010 | 09:28 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Mengantuk, letih, tubuh pegal, merupakan sekian dari banyak alasan yang membuat orang malas bergerak atau berolahraga. Akibat kurang aktif secara fisik, seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Dua pakar kesehatan dari Inggris, Dr Richard Weiler dan Dr Emmanuel Stamatakis, menyarankan agar malas bergerak atau berolahraga (physical inactivity) dikategorikan sebagai penyakit karena memiliki korelasi yang kuat dengan kesehatan yang buruk.

Seperti yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine, dua pakar itu mengusulkan agar malas bergerak dipertimbangkan untuk diklasifikasikan sebagai penyakit, mengingat tingginya angka orang sakit dan meninggal.

“Obesitas saja sudah digolongkan sebagai penyakit oleh Organisasi Kesehatan Dunia,” kata Dr Richard Weiler, Spesialis Olahraga di Imperial College Healthcare.

Weiler juga mengatakan, penyakit obesitas merupakan dampak dari kurangnya melakukan aktivitas (malas bergerak).  “Akibatnya, banyak uang dikeluarkan untuk mengobati gejala-gejala akibat malas aktivitas fisik, seperti obesitas, diabetes, hipertensi, penyakit jantung. Namun, tidak ada yang menyadari bahawa semua berawal dari malas bergerak,” terang Weiler.

“Namun, penyebab awal semua penyakit tersebut diabaikan oleh pengobatan modern dan Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS). Kita perlu mempromosikan rajin berolahraga sebaik pengobatan penyakit,” kata Dr Weiler.

Pada bulan Mei lalu, Weiler memaparkan bukti yang menunjukkan bahwa kurang bugar akibat malas bergerak menyebabkan seseorang menjadi lebih rentan terkena penyakit dibandingkan sekedar kegemukan.

Bukti ini juga menunjukkan bahwa sosialisasi kesehatan terhadap masyarakat masih minim. Studi yang dilakukan Dr Weiler juga menunjukkan bahwa hanya satu dari 20 responden yang memenuhi  jumlah olahraga minimum yang dianjurkan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BERIKAN YANG TERBAIK BUAT TUHAN, KELUARGA, BANGSA DAN TERLEBIH LAGI BUAT DIRIMU SENDIRI…BE YOUR SELF!

%d bloggers like this: