Olahraga Bikin Masa Tua Lebih Bahagia

Kamis, 22 Juli 2010 | 07:21 WIB
shutterstock
Ilustrasi

Kompas.com – Kesehatan merupakan harta berharga bagi kaum lansia. Karena itu menurunnya kemampuan fisik seharusnya bukan halangan bagi warga senior atau orang lanjut usia untuk hidup sehat. Dan hal itu bisa dicapai dengan terus melakukan aktivitas fisik.

Ada banyak alasan mengapa para lansia tidak mau atau malas memulai olahraga. Selain berkurangnya stamina, banyak lansia yang mengaku takut jatuh jika melakukan aktivitas fisik. “Seiring usia, ada banyak hal yang mengganggu keseimbangan tubuh. Bagi kebanyakan orang hal ini menakutkan sehingga banyak orang tua yang takut berolahraga,” kata Amy Ashmore, juru bicara American Council on Exercise.

Alasan lain yang sering menjadi hambatan untuk melakukan olah tubuh adalah merasa tidak cocok dengan pakaian olahraga yang ada. “Mereka pikir olahraga harus menggunakan pakaian elastis berbahan lycra,” kata Dr.William Hall, direktur Center for Healthy Aging, AS.

Berbagai penelitian telah menunjukkan tidak ada kata terlambat untuk berolahraga. Bahkan pada orang tua, manfaat olahraga juga akan dirasakan.

Gaya hidup aktif terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, olah tubuh juga terbukti mampu mengatasi gangguan kesehatan yang sering diderita para lansia, seperti rematik, sendi kaku, atau diabetes.

Saat ini pun banyak pilihan jenis olahraga yang bisa disesuaikan dengan kemampuan fisik kaum lansia. Selain olahraga senam, para lansia juga bisa melakukan kegiatan jogging, berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Yang penting, terus aktif dan bugar.

Sumber : Healthday News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BERIKAN YANG TERBAIK BUAT TUHAN, KELUARGA, BANGSA DAN TERLEBIH LAGI BUAT DIRIMU SENDIRI…BE YOUR SELF!

%d bloggers like this: